Cara Menghitung Progress dan Output Volume Kinerja pada SMART PMK-249/2011

Alhamdulillahi robbil ‘alamin. robbi musa wa harun. Akhirnya diberi buah pemikiran yang dapat dituliskan untuk memberi gambaran  tentang permasalahan yang membebani pundak. Semakin berat beban, semakin besar kepercayaan yang diamanahkan. Berat beban yang diemban, janganlah meminta untuk dikurangi melainkan mintalah untuk diberi kekuatan diri atau cara untuk memikulnya.

Sholawat serta salam semoga tercurahkan kehadirat Muhammad khotamul anbiya, yang memancarkan cahaya Ilahiyah kepada pemilih ajaran keselamatan dan keamanan bagi seluruh makhluk.

Semoga tulisan ini menjadi doa untuk para ibu yang melahirkan dan mengasuh setulus hati.

smart

Akhir-akhir ini tersedia lagi aplikasi, dari kementerian keuangan terkait capaian dan progres volume output kegiatan, pelaporan yang menilai kinerja dari satuan kerja hingga Kementerian/Lembaga. Satu sisi dipermudah, sisi lain ditambah. Entah sampai kapan kondisi ini akan terjadi.

Setelah membaca petunjuk yang disediakan, akal ini mulai nakal dengan berfikir angka ini dihitung dari apa dan bagaimana. Bila diterapkan di microsoft excel tentu akan sangat membantu.

Langkah pertama:

  1. Unduh file excel smart-pmk-249-tahun-2011.
  2. Buka file tersebut dan isikan masing-masing kode kegiatan dan output lalu uraian beserta pagu dan volume pada sheet SMART.
  3. Setiap bulan terdapat 3 kolom isian. 1 kolom (terisi sesuai dengan realisasi di SPAN) sedang 2 kolom yang lain perlu dihitung.

Langkah kedua:

  1. Sebelum mengisi pada sheet 1 dan seterusnya. Ada baiknya melihat sheet contoh. Jika contoh itu mudah dipahami, silahkan mengerjakan tugas di sana. Jika contoh itu susah dipahami, silahkan membaca petunjuk berikutnya.
  2. Pada sheet contoh terdapat 6 dokumen. Setiap dokumen dijabarkan perolehan nilai pada bulan(-bulan) pelaksanaannya sehingga berjumlah 100.

tabel-kinerja

Untuk memperoleh nilai progres per bulan, jumlahkan setiap nilai dokumen yang di peroleh pada satu bulan dan dibagi dengan nilai output.

Untuk memperoleh nilai output per bulan, berpatokan pada perolehan nilai akhir tiap output di bulan tertentu. Adapula output-output yang memperoleh nilai akhir pada bulan yang sama sehingga pada bulan tersebut memperoleh nilai komulatif.

Sehingga jumlah progres menjadi 100 dan jumlah output sama dengan volume yang telah ditetapkan.

Mohon maaf atas segala kesalahan. Terima kasih telah berkunjung dan menyanjung yang Maha Agung.

About rifaie27

Staff TU Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Bun
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s