Jadwal Pelajaran

Assalamu’alaikum…

Alhamdulillah… hari ini kita masih diberi kesempatan untuk saling berbagi kelebihan dan mengisi kekosongan agar seimbang dan sinambung. Bagaikan bulan yang memantulkan cahaya pada malam hari yang gelap.

Sholawat yang paling agung untuk Nabi Muhammad SAW yang menjadi bulan yang menyinari kegelapan di malam hari setelah menyerap cahaya matahari.

Apa kabar, teman? semoga kita baik dan sedang memperbaiki apa-apa yang tidak sesuai dengan kodrat kita. kali ini saya ingin berbagi program jadwal pelajaran yang saya dapat di laptop (sekolah yang dibawa) seorang wakil kepala sekolah. pertama kali yang muncul di benak ketika melihat program ini adalah banyak hal yang seharusnya bisa ditampilkan dengan data yang sederhana. bila saya umpamakan angka 2. banyak hal yang bisa muncul dari angka itu. mulai dari 1+1 hingga 10-8 atau bahkan lebih dari itu.

keterbatasan adalah kodrat manusia yang tidak bisa dan tidak boleh dipungkiri. namun kita harus ingat bahwa Allah tidak hanya memberikan kodrat untuk manusia. Allah juga memberikan akal untuk memanfaatkan batasan yang dimiliki.

program ini diciptakan oleh seorang guru di jawa timur yang belum saya kenal. apabila ada di antara pembaca yang kenal, mohon sampaikan salam saya untuk beliau. semoga dengan sebab-musabab ini menjadikan alasan untuk bertemu. tanpa mohon izin dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya mohon maaf telah memodifikasi program ini. saya tidak bermaksud untuk menjual program ini. semua yang saya dapat gratis akan saya bagikan secara cuma-cuma. cuma kalau ada yang menawarkan diri, saya tetap terima. hehehe

pada program ini saya buat menu agar mempermudah akses dari satu sheet ke sheet yang lain. sebagai berikut:

kemudian saya juga ingin mempermudah dan menyeragamkan nama guru, mata pelajaran dan jam belajar dengan cara menambahkan sheet referensi. sehingga kita tidak perlu lagi mengetikkan nama guru, mata pelajaran dan jam pelajaran lebih dari satu kali.

setelah referensi dibuat, kita lanjut di sheet JADWAL yang menentukan guru dan mata pejarannya. satu guru memiliki satu mata pelajaran dan kode unik (kode gmp [guru mata pelajaran]). jika ada guru yang memiliki / mengajar lebih dari satu mata pelajaran, harus dibuatkan tersendiri agar memiliki kode unik (tidak sama dengan yang lain). untuk guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran, tidak akan terdeteksi otomatis pada kolom. dalam hal mengantisipasi ini, saya buatkan 3 cell (berwarna orange, kuning dan hijau muda) kode gmp guru yang sama dengan mata pelajaran yang berbeda.

jad

keistimewaan yang ada pada program ini terletak pada jadwal mata pelajaran bagi dewan guru yaitu 3 E efektif, efektif dan ekonomis.

Tentu masih ada beberapa kelemahan dari modifikasi ini. dengan tersebarnya program ini menjadi harapan munculnya modifikator yang handal.

About rifaie27

Staff TU Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Bun
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

11 Responses to Jadwal Pelajaran

  1. Abi says:

    mohon mau mengirim aplikasi jadwal pelajaran ke bapakedamar@gmail.com terima kasih. semoga makin maju

  2. ridwan says:

    asslkm. salam taaruf.. mhn bs berbagi ilmu ya.. kirim ke email ; ridwan800@gmail.com.. mksh

  3. Heru Kwartanto says:

    mohon berbagi aplikasi Jadwal Pelajaran ke herukwartanto@gmail.com
    terima buanyak…

    • rifaie27 says:

      maaf pak. file terlalu besar untuk dikirim via email. silahkan bapak googling “download fet-5.18.0”. nanti saya bantu pengoperasiannya.

  4. Andi Ansar says:

    mohon ijin share aplikasi jdwl pembelajaranx mas… andi.ansar22@yahoo.com..trims sblum & sesudahx!!

  5. Abu Najla says:

    Assalamualaiku.
    Bisa dibagi juga kang ke abu_najla10@yahoo.co.id
    Terimakasih..

Leave a Reply

