PANDUAN PENGISIAN / INPUT DATA KONTRAK PADA SPM 2011

Saya mencoba berbagi pengalaman menginput data proyek pembangunan pagar halaman sekolah kami. Setelah wira – wiri mencari tahu apa dan bagaimana cara membuat SPM proyek tersebut, saya memutuskan untuk membuat tulisan berikut ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Ada hal yang perlu kita ketahui sebelum membuat SPM kontrak, yakni: kelengkapan file dan ADK. Kelengkapan file ini terdiri dari print out SPM, Data Kontrak, Ringkasan Kontrak, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja Rutin, Faktur Pajak Standar, dan Surat Setoran Pajak. Sedangkan ADK adalah file yang perlu dikirim ke KPPN sebagai bahan kelanjutan ke tingkat lebih atas.
Di sini saya akan fokus membahas tentang SPM dan Data Kontrak saja. Mari kita mulai dari tahapan yang pertama:
1. Buka (klik 2 kali) aplikasi SPM 2011 , ketik USER & PASSWORD dan LOGIN.
2. Masukkan data rekanan (CV.) yang telah ditunjuk oleh SATKER.
3. Pilih Referensi I klik Bendaharawan . Akan muncul Referensi Bendaharawan. Klik Rekam dan masukkan data sesuai Ringkasan Kontrak yang ada kemudian klik Simpan . Lalu klik Keluar .
Anda telah melakukan langkah awal yang baik. Selanjutnya kita melangkah ke tahap berikutnya untuk membuat Data Kontrak.
4. Klik Monitoring dan Data Kontrak .
5. Akan muncul Pengawasan Data Kontrak. Klik Rekam .
6. Masukkan data-data yang diminta pada kolom yang tersedia.
7. Pada kolom Kode Bendahara klik Pilih Rekanan . Lalu klik dua kali pada Nama Bendaharawan yang teah kita buat sebelumnya. Secara otomatis kolom yang berwarna hitam akan terisi secara otomatis.
8. Pada kolom Nilai Kontrak isikan sesuai dengan Ringkasan Kontrak.
Pada kolom Nilai Kontrak Yang Sudah Dilaksanakan T.A. yg lalu silahkan anda isi apabila anda memang memiliki sisa. Biasanya untuk Dinas Kehutanan dll.
9. Pada kolom Pagu Kontrak Tahun 2011 diisi sama dengan Nilai Kontrak. Kemudian klik … . Akan muncul tampilan Pagu Tahun 2011 milik kita. isikan Nilai Kontrak pada kolom Dikontrakkan pada Identitas 000001 yang sejajar dengan kode MAK kontrak kita. Lalu klik Simpan. Akan muncul papan Informasi Pagu Kontrak disimpan…. Pilih OK.
10. Lanjutkan menginput data pada kolom isian yang berikutnya.
11. Pada kolom Cara Pembayaran pilih Sekaligus atau Bertahap . Klik pada Detil Rincian dan Realisasi . Akan muncul tampilan Termin yang telah anda isikan pada kolom sebelumnya. Lalu klik Simpan. Akan muncul papan Informasi Data Termin Kontrak disimpan…. Pilih OK.
12. Lanjutkan menginput data pada kolom isian yang berikutnya.
13. Setelah data semua yang diperlukan telah diisi klik Simpan . Akan muncul papan Informasi Data Kontrak disimpan…. Pilih OK.
14. Untuk memastikan data kontrak anda benar-benar telah diinput, anda perlu mencetaknya dengan cara klik Cetak . Klik dua kali pada Karwas Kontrak. Akan muncul KARTU PENGAWASAN KONTRAK yang siap untuk dicetak sebagai bahan bukti anda telah berhasil menginput data walaupun ini tidak wajib untuk kelengkapan berkas SPM.
15. Selanjutnya kita akan mengirimkan hasil input data berupa ADK dengan cara klik Transfer Kontrak . Tancapkan flashdisk / penyimpan data anda pada PC / laptop tersebut. Klik pada … . Akan muncul Pilih Direktori. Cari dan pilih (klik) penyimpan data anda. Lalu klik OK. Kemudian klik Proses . Akan muncul Konfirmasi Data sebagai berikut dan tekan Ya. . Akan muncul lagi Informasi dan klok OK . Untuk menyudahi pengisian data kontrak tekan tombol Selesai .
Saat ini anda telah memiliki data kontrak yang valid. Langkah selanjutnya ialah membuat SPM.
16. Pilih menu SPM dan Klik RUH SPM .
17. Tekan enter atau klik Rekam .
18. Tekan enter.
19. Tekan enter dan pilih Jenis SPM 07 LANGSUNG atau ketik angka 07.
20. Ketik kode dan tanggal Surat Perintah Membayar.
21. Klik kontraktual dan tekan enter klik dua kali pada nomor data kontrak yang telah dibuat sebelumnya. Akan muncul tampilan . Pilih pada Pembayaran dan klik OK.
22. Lanjutkan menginput data pada kolom isian yang berikutnya seperti biasanya.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Saya mengharapkan kita dapat berbagi dalam segala lini. Untuk file bergambarnya bisa anda klik download. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi 0816544446x / 0811521146x. Untuk informasi lebih jelas hubungi KPPN terdekat.

Untuk informasi (Posting) terbaru (kelanjutan) tulisan ini silahkan klik link ini.

About Muhammad Rifai

Kepala Urusan Tata Usaha pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotawaringin Barat
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 Responses to PANDUAN PENGISIAN / INPUT DATA KONTRAK PADA SPM 2011

  1. anikrahayu says:

    NUMPANG INFO YA BOS, bila tidak berkenan dihapus saja 🙂

    LOWONGAN KERJA PENAWARAN GAJI SAMPAI 15 JUTA/Bulan

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan, Yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, dikantor/diwarnet yang memiliki koneksi internet
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta RUPIAH
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA per data Rp10rb rupiah, “Bila Anda Sanggup” mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50data=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan = Rp500rb x 30hari = Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatagroup.blogspot.com/

  2. ajid says:

    thank for your.all…………

  3. agus says:

    Mas, bagaimana cara mengganti lokasi Kota/Kab yang terdapat nama kota/kab_tanggal, contoh:

    Jakarta, tanggal 15-07-2011 (seharusnya diisi Pontianak, tanggal 15-07-2011)
    a.n. Kuasa pengguna Anggaran
    Pembuat Komitmen dst…
    Atas bantuannya diucapkan terima kasih.

  4. Ikin Slim says:

    gi mana si caranya kasih tahu ya aku bulum paham soal imput data penggen bisa ajarai aku ya minta contonya

  5. pearl says:

    Repost komen diatas Mas,

    “Mas, bagaimana cara mengganti lokasi Kota/Kab yang terdapat nama kota/kab_tanggal, contoh:

    Jakarta, tanggal 15-07-2011 (seharusnya diisi Pontianak, tanggal 15-07-2011)
    a.n. Kuasa pengguna Anggaran
    Pembuat Komitmen dst…
    Atas bantuannya diucapkan terima kasih.”

    Mohon dijawab

Leave a reply to pearl Cancel reply