PANDUAN PENGISIAN / INPUT DATA KONTRAK PADA SPM 2011 / 2012

PANDUAN PENGISIAN / INPUT DATA KONTRAK PADA SPM 2011

Alhamdulillah tumbuh lagi ide yang tertanam setelah disemai dan dipupuk sekian lama. Mungkin perlu dipicu dengan cambuk agar kuda berlari kencang. posting berikut meneruskan dan memperjelas sebelumnya yang masih banyak memerlukan perbaikan.

Ada hal yang perlu kita ketahui sebelum membuat SPM kontrak, yakni: kelengkapan file dokumen pendukung baik dari pihak ketiga maupun pihak satker sendiri. Kelengkapan file ini terdiri dari print out SPM, Data Kontrak, Ringkasan Kontrak, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja, Faktur Pajak, dan Surat Setoran Pajak. Sedangkan ADK adalah file yang perlu dikirim ke KPPN sebagai bahan kelanjutan ke tingkat lebih atas.

Di sini saya akan fokus membahas tentang SPM dan Data Kontrak saja. Mari kita mulai dari tahapan yang pertama:

  1. Buka (klik 2 kali) Aplikasi SPM 2012 , ketik USER & PASSWORD  dan LOGIN.
  2. Masukkan data rekanan (CV.) yang telah ditunjuk oleh SATKER.
  3. Pilih  Referensi I  klik Bendaharawan . Akan muncul Referensi Bendaharawan. Klik Rekam  dan masukkan data sesuai dengan rekening koran rekanan yang ada kemudian klik Simpan . Lalu klik Keluar .

Anda telah melakukan langkah awal yang baik. Selanjutnya kita melangkah ke tahap berikutnya untuk membuat Data Kontrak.

  1. Klik Monitoring  dan Data Kontrak .
  2. Akan muncul Pengawasan Data Kontrak. Klik Rekam . Akan tampil Rekam Data Kontrak seperti gambar di bawah ini.
  3. Masukkan data-data yang diminta pada kolom yang tersedia.
  4. Pada kolom Kode Bendahara klik Pilih Rekanan . Lalu klik dua kali pada Nama Bendaharawan yang telah kita buat sebelumnya. Secara otomatis kolom yang berwarna gelap akan terisi secara otomatis.
  5. Pada kolom Nilai Kontrak isikan sesuai dengan Ringkasan Kontrak.

Pada kolom Nilai Kontrak Yang Sudah Dilaksanakan T.A. yg lalu silahkan anda isi apabila anda memang memiliki sisa dari anggaran Tahun sebelumnya. Biasanya untuk Dinas Kehutanan dll.

  1. Pada kolom Pagu Kontrak Tahun 2012 diisi sama dengan Nilai Kontrak. Kemudian klik … . Akan muncul tampilan Pagu Tahun 2012 milik kita.  isikan Nilai Kontrak pada kolom Dikontrakkan pada Identitas 000001 yang sejajar dengan kode MAK kontrak kita. Lalu klik Simpan. Akan muncul papan Informasi Pagu Kontrak disimpan…. Pilih OK.
  2. Lanjutkan menginput data pada kolom isian yang berikutnya (Sumber Dana).
  3. Pada kolom Cara Pembayaran pilih Sekaligus (Dimintakan keseluruhan nilai kontrak. Biasanya untuk Perencanaan dan Pengawasan ) atau Bertahap (Dimintakan seusai keperluan dengan besaran yang diinginkan. Biasanya untuk Biaya Bangunan fisik). Apabila cara pembayarannya yang anda pilih bertahap maka anda harus mengKlik pada Detil Rincian dan Realisasi . Tampilan berikutnya adalah tahapan perhitungan yang akan diangsur sesuai kerja fisik (bukan keuangannya).

Berikut contoh perhitungan angsuran sebanyak 3 kali yakni (Uang Muka, Pembayaran I, & Retensi).

 Image

Gambar berikut menjelaskan realisasi dari tahapan yang dibuat. PPN & PPh akan terisi setelah data kontrak ini di gabungkan dengan SPM (07) LANGSUNG.

Image

 Jika tahapan telah sesuai dengan ketentuan klik Simpan. Akan muncul papan Informasi Data Termin Kontrak disimpan…. Pilih OK.

  1. Lanjutkan menginput data pada kolom isian yang berikutnya.
  2. Setelah data semua yang diperlukan telah diisi klik Simpan . Akan muncul papan Informasi Data Kontrak disimpan…. Pilih OK.
  3. Untuk memastikan data kontrak anda benar-benar telah diinput, anda perlu mencetaknya dengan cara klik Cetak .

-          Klik dua kali pada Resume Kontrak. Akan muncul Nama dan NIP Pejabat Pembuat Komitmen (yang bertanggung jawab atas proses kontrak). [Apabila tidak muncul, anda dapat merekamnya di menu Referensi I dan pilih Pejabat]. Akan muncul RINGKASAN KONTRAK yang siap untuk dicetak sebagai bahan bukti anda telah berhasil menginput data dan dilampirkan ketika pengajuan SPM.

-          Klik dua kali pada Karwas Kontrak. Akan muncul KARTU PENGAWASAN KONTRAK yang siap untuk dicetak sebagai bahan bukti anda telah berhasil menginput data dan dilampirkan ketika pengajuan SPM.

-          Klik dua kali pada Realisasi Kontrak. Akan muncul REALISASI KONTRAK yang siap untuk dicetak sebagai bahan bukti anda telah berhasil menginput data dan dilampirkan ketika pengajuan SPM.

  1. Pilih menu SPM dan Klik RUH SPM .
  2. Tekan enter atau klik Rekam .
  3. Tekan enter.
  4. Tekan enter dan pilih Jenis SPM 07 LANGSUNG atau ketik angka 07.
  5. Ketik kode dan tanggal SPM (Surat Perintah Membayar).
  6. Klik kontraktual  dan tekan enter. Klik dua kali pada nomor data kontrak yang telah dibuat sebelumnya. Akan muncul tampilan . Pilih pada Pembayaran dan klik OK.

Untuk pembayaran berikutnya kolom Pembayaran I akan berwarna merah yang berarti bahwa nilai kontrak itu telah dibuatkan SPM.

  1. Lanjutkan menginput data pada kolom isian yang berikutnya seperti biasanya.
  2. Selanjutnya kita akan mengirimkan hasil input data berupa ADK dengan cara klik Transfer Kontrak . Tancapkan flashdisk / penyimpan data anda pada PC / laptop tersebut. Klik pada … . Akan muncul Pilih Direktori. Cari dan pilih (klik) penyimpan data anda. Lalu klik OK. Kemudian klik Proses . Akan muncul Konfirmasi Data sebagai berikut dan tekan Ya.. Akan muncul lagi Informasi dan klok OK . Untuk menyudahi pengisian data kontrak tekan tombol Selesai .

Saat ini anda telah memiliki data kontrak yang valid. Langkah selanjutnya ialah membuat SPM.

 Berikut Uraian SPM Kontrak:

1. Pembelian

Pembayaran atas pembelian … Kontrak No. … Tgl. …

2. Pembayaran Sekaligus

Pembayaran pekerjaan … Kontrak No. … Tgl. …

2. Kontrak (Uang Muka)

Pembayaran Uang Muka Pekerjaan …,
Kontrak No. … Tgl. …
SPMK No. … Tgl. …,
Jaminan Uang Muka No. … Tgl. …

3. Pembayaran I

Pembayaran Tahap I Pekerjaan …,
Kontrak No. … Tgl. …
BAP No. … Tgl. …,

4. Pembayaran IV (batas maksimal / akhir)

Pembayaran Tahap IV Pekerjaan …,
Kontrak No. … Tgl. …
BAST No. … Tgl. …,
BAP No. … Tgl. …,

5. Retensi

Pembayaran Retensi Pekerjaan …,
Kontrak No. … Tgl. …
BAST No. … Tgl. …,
BAP No. … Tgl. …,
Jaminan Pemeliharaan No. … Tgl. …

 

Jika terjadi kesalahan data kontrak setelah anda membuat SPM, sebaiknya batalkan SPM terlebih dahulu. Karena alur nya searah atau dengan kata lain. Data kontrak dan SPM digabungkan/ditautkan. Untuk melepasnya anda perlu membuka simpul yang terikat di SPM.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Saya mengharapkan kita dapat berbagi dalam segala lini. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi 08165444467/08115211467. Untuk informasi lebih jelas hubungi KPPN terdekat.

About these ads

About rifaie27

Staff TU MAN Pangkalan Bun
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

7 Responses to PANDUAN PENGISIAN / INPUT DATA KONTRAK PADA SPM 2011 / 2012

  1. Pingback: PANDUAN PENGISIAN / INPUT DATA KONTRAK PADA SPM 2011 | rifaie27

  2. andi says:

    mo nanya klo terjadi kesalahan di data kontrak dikarenakan revisi mak sehigga saya menghapus data kontrak (saya ubah tetap angkanya tidak mo ilang) ,yg terjadi angka realisasi masih timbul terus tidak mo ilang…harusnya bagaimana ya paK?

    • rifaie27 says:

      data kontrak itu lampiran spm. ketika data kontrak sudah dibuatkan spm (kontrak), maka spm tersebut harus (wajib, kudu, mesti) diubah menjadi spm (non kontrak). itulah yang menyebabkan angka realisasi masih timbul. solusinya
      1. ubah spm kontrak (contoh nomor 00013) menjadi spm non kontrak dan ikuti langkah seterusnya hingga simpan.
      2. ubah data kontrak hingga sesuai data yang terbenar dan terbaru lalu ikuti langkah seterusnya hingga simpan.
      3. ubah spm (00013) menjadi spm kontrak dan ikuti langkah seterusnya hingga selesai.

  3. irwan says:

    mas ketika muncul “rekam dulu data kontrak” ketika saya ingin mencetak resume ,padahal semua sudah saya isi semua datanya,bisa tolong pencerahannya ,terima kasih

    • rifaie27 says:

      saya coba mencerahkan dengan lilin. Tahun ini saya tidak ada belanja modal (kontrak) jadi tidak bisa menjamin benar atau keakuratannya. urutan pembuatan spm 2013 kontrak:
      1. setting nomor kontrak
      2. rekam bendahara penyedia barang/jasa
      3. rekam data kontrak
      4. rekam spp-ls kontrak (sesuai nomor data kontrak)
      5. cetak SPP & Data kontrak.
      apakah sudah mulai dari angka 1 kemudian 2, 3, 4 dan 5? masih bermasalah? hapus data kontrak lama, lalu rekam ulang sesuai urutan di atas. semoga berhasil.

  4. Rajiman says:

    Mhn bantuannya, sy tlh buat data kontrak dgn pmbyran uang mk 30%, termin 1 100% dn retensi 5%. Phak ketga membuat Um 1 2 50% tp sdh jd sp2d yg mslh 100% g bs sy buat. Cb dgn trmin 4 kali jg slh cb 3 kali dgn hps rtensi jg dkmblikan, sy oprtr br mhn bimbnganya?

    • rifaie27 says:

      Maaf baru balas. Masalah ini bisa diselesaikan dengan cara PPK satker anda datang ke KPPN. mungkin di KPPN bisa saja menyetujui kontrak tersebut. mungkin beda halnya dengan BPK. Karna pembayaran Uang Muka 30% itu standar (seingat saya itu maksimal). kembali ke kesepakatan antara PPK dan pihak ketiga apakah 30% atau 50%? itu lah yang jadi dasar bapak membuat ADK Kontrak. jika belum jelas silahkan hubungi KPPN terdekat. Beda KPPN bisa banyak persepsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s