Panduan RKAKL 2011

Bismillahirrohmanirrohim

Dalam memulai aplikasi RKAKLDIPA 2011 anda perlu menginstall 4 file yang bisa anda dapat dari rekan SATKER anda. Panduan ini diperuntukkan bagi pemula seperti saya sendiri.

  1. Buka folder
  2. Ada 4 file di dalamnya seharusnya . Anda bisa memulai dari manasaja. Klik 2x satu per satu file tersebut.
  3. Saya memulai dari yang paling atas .
  4. Tunggu sesaat akan muncul .
  5. Klik lanjut dan akan muncul tampilan
  6. Klik lanjut lagi dan akan muncul tampilan
  7. Klik instal dan tunggu hingga muncul tampilan
  8. Anda telah berhasil menginstal satu dari empat file.
  9. Lakukan point 3 pada file yang lain satu per satu.

Selamat…!!! anda telah berhasil menginstal dan memiliki aplikasi RKAKLDIPA 2011.

  1. Klik ikon .
  2. Masukkan User : “dipa” atau “rkakl”Password : “dipa” atau “rkakl” tanpa tanda dan Login..
  3. Langkah yang harus anda lakukan berikutnya adalah restore[1]. Klik pada menu  pilih “Restore Data RKAKL” akan muncul tampilan .
  4. Klik “Proses” dan tunggu sejenak hingga proses selesai.
  5. Masih di menu . Anda pilih “Split Satker”
  6. Kemudian lanjut pada menu Referensi à Tahun Anggaran
  7. Akan muncul  lalu pilih “+” yang di bawah dan muncul angka 2012.

Sekarang anda telah memiliki aplikasi beserta isi. Namun itu belum lengkap tanpa dukungan file pegawai SATKER anda “PSXXX.DJA”. Ikutilah langkah berikut:

  1. Klik menu lalu pilih “Restore Data Aplikasi GPP”.
  2. Akan muncul tampilan
  3. Supaya isi Nama File dan Uraian Satker nampak anda perlu melalui proses pengiriman data pegawai dari aplikasi gpp   lalu muncul
  4. Klik “Proses” dan tunggu sesaat akan muncul
  5. Klik “OK” dan keluar dari aplikasi gpp lalu kembali ke aplikasi RKAKL 2011 (point ke 2)
  6. Klik “…” lalu muncul  klik pada folder “dbgaji8”
  7. Nama File dan Uraian Satker terisi oleh file yang anda buat lalu pilih (centang) dan “Proses”.
  8. Lalu pilih .
  9. Akan muncul tampilan di bawah ini dan masukkan kode SATKER.
  10. Sekarang anda telah memiliki aplikasi beserta file pendukung yang lengkap. Anda bisa membuat Form Belanja.

Kini anda akan memasuki inti dari aplikasi ini yaitu membuat Form Belanja untuk anggaran 2012.

  1. Klik ikon Form Belanja  atau
  2. Akan tampil
  3. Masukkan kode SATKER anda dengan cara mengetikkan 6 angka atau klik “…” dan pilih nama SATKER anda dengan mengklik 2x.
  4. Kemudian klik . Akan tampil
  5. Klik “…” pada Output akan muncul tampila “Cari”

Ketik kode Kegiatan (Output) anda dan klik 2x.

  1. Klik “…” pada Lokasi akan muncul tampila “Cari”  Ketik kode Lokasi anda dan klik 2x.
  2. Klik “…” pada Kewenangan akan muncul tampila “Cari”  klik 2x pada angka 2 atau Kantor Daerah
  3. Kemudian isi Volume dan Tahun
  4. Selanjutnya klik [2] akan muncul [3]
  5. Sekarang saatnya anda memasukkan komponen dengan mengklik  lalu muncul  pilih “001” lalu “Hitung Gaji”. Secara otomatis akan terbagi dengan sendirinya sesuai dengan akun yang ada.
  6. Lakukan perekaman komponen “002” seperti poin 10 (sebelumnya).  dan klik “OK”
  7. Kemudian klik  akan muncul [4]
  8. Lalu anda rekam Akun sesuai dengan (Sub) Komponen, dengan cara klik .
  9. Akan muncul . Anda bisa mengetikkan 6 angka kode Akun atau anda klik “…” dan mengklik 2x Akun yang anda pilih. Lalu tekan tanda panah ke bawah pada KPPN lalu klik KPPN yang anda ikuti dan klik “OK”.
  10. Setelah berhasil merekam Akun, anda perlu membuat Detail dari akun tersebut. Klik  dan akan muncul . Anda perlu mengisi kolom yang disediakan.

Sekarang anda sendiri yang menentukan apakah data semua ini berhasil terekam atau tidak. Bila dicermati lebih teliti, anda akan mengetahui bahwa semua itu pengulangan, hanya saja anda dituntut kejelian pada posisi di mana anda akan merekam.

Apabila ada pertanyaan anda bisa menuliskan pesan di bawah. untuk file bergambarnya silahkan download di sini.


[1] Anda perlu file backup yang bisa didapat pada atasan anda. Lalu paste ke folder c:\BK_RKAKL_2011\

[2] Untuk menampilkan menu  anda perlu mengarahkan pada output yang anda buat. Begitu pula untuk menampilkan menu yang berikutnya.

[3] Bila Output anda menggunakan Sub Output ketik “A” dst. Bila tidak menggunakan Sub Output klik .

[4] Bila Komponen anda menggunakan Sub Komponen ketik “A” dst. Bila tidak menggunakan Sub Komponen anda perlu klik.

About rifaie27

Staff TU MAN Pangkalan Bun
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Panduan RKAKL 2011

  1. Rezki says:

    mas gak bisa copas data kegiatan dari tahun 2011 untuk perencanaan anggaran 2012…tq jawabanya :)

  2. Asep Yayat Supriyatna says:

    Saya telah membuat RKA-KL 2011, tetapi setelah disimpan, datanya tercantum lebih dari satu (ada yang dua dan ada yang tiga berurutan. Bagaimana cara menghapusnya? Terima kasih.

  3. Asep Yayat Supriyatna says:

    Di mana saya dapat membeli Buku Panduan A-KL DIPA 2011? Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s